Selasa, 08 September 2009

Espansa Ramadhania

Mulai tanggal 31 Agustus s.d. 4 September 2009 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Panjatan mengisi kegiatan Ramadhan dengan Pesantren Kilat di Pondok Pesantren Al Qur’an Wates (PESAWAT), pimpinan KH Ahmad Su’adi. Dalam kegiatan ini siswa mendapatkan materi meliputi Keyakinan Muslim, Muamaalah, Sejarah Kebudayaan Islam, Islam Modern dan ESQ (Emotional Spriritual Quotions).

Para siswa bermukim di PESAWAT dan mendapatkan pengalaman hidup ponpes dalam asuhanb santriwan dan santriwati senior dari PESAWAT. ESQ disampaikan oleh Dosen Ilmu Fisika Wachid Ahdinirwanto, M.Pd. dari Universitas Muhammadiyah Purworejo. Sejak tiga tahun yang lalu SMP 1 Panjatan menjalin kerjasama dengan PESAWAT dalam pelaksanaan persantren kilat. Beberapa peserta berkomentar positif mengenai pelaksanaan pesantren kilat di PESAWAT ini, di antaranya peserta dapat merasakan secara langsung situasi dan kehidupan ponpes.

Selain pesantren kilat kegiatan Ramadhan 1430 H SMP 1 Panjatan juga diisi dengan berbagai kegiatan religius lainnya seperti: Tadarus Al Qur’an, Sholat Berjamaah, Pengumpulan dan Penyaluran Zakat, Infak dan Sodaqoh, Buka Puasa Bersama dan Peringatan Nuzulul Qur’an.

Pada hari-hari di luar Ramadhan tadarus hanya dilakukan sepekan sekali yakni pada setiap Jum’at pagi. Pada Ramadhan kali ini kegiatan tadarus dilakukan setiap hari pukul 07.00 – 07.15 sebelum pelajaran dimulai. Pengajian Nuzulul Qur’an dilaksanakan pada tanggal 12 September 2009 dengan pembicara Ustazd Rujito dari Ponpes Darul Ulum Sewugalur Kulon Progo.

Tidak ada komentar: